Friday 15 May 2015

Cara Ampuh Mengatasi Motor Mogok

cara mengatasi motor mogok

Motor yang tiba tiba mogok adalah sesuatu hal yang menjengkelkan, apalagi saat sedang perjalanan jauh dan sangat pentinh, motor mogok tidak pandang bulu jenis maupun umur motor anda, apakah motor baru tidak akan mohok? jangan salah, motor baru juga bisa saja mogok secara tiba-tiba beranggapan, Motor bila sudah terkena hujan atau menerobos banjir anda harus hati-hatu agar agar mesinntidak kemasukan air.

yang menjadi masalah ketika motor mogok pada suatu lokasi yang jauh dari pemukiman. Parahnya lagi keadaan juga ikut memperburuk, seperti hujan deras atau disaat malam hari. oleh karena itubJadi sekali bagi pengendara motor untuk mengerti cara-cara apa yang harus dilakukan saat motor mogok.

cara mengatasi motor mogok

Pertama tentu saja  jangan pernah meninggalkan peralatan kunci di rumah, bawalah selalu kemanapun anda pergi, alat alat wajib seperti:

Kunci pas 10,12,14 dan Kunci Busi

Kertas gosok atau amplas

Obeng dengan dua sisi yang berbeda (obeng belimbing dan obeng min)

Kain lap atau kanebo

Busi cadangan yang pastikan masih baik (kalau bisa persiapkan yang baru)

Langkah langkah menganalisa kemungkinan sebab mesin mati:

Periksa apakah bensin masih ada mengalir kedalam karburator.
Caranya copot slang dari tangki yang ujungnya menancap pada karburator, Atau coba buka baut pembuangan bahan bensin yang berada dibawah karburator, Biasanya menggunakan obeng min, Jika bensin tidak ada yang keluar,cek filter bahan bakar apakah tidak tersumbat.Jangan lupa kontrol sekali lagi tangki dan bukaan kran yang digunakan untuk buka tutup aliran bensin.Namun jika bensin ternyata mengalir,berarti masalah bukan pada aliran bahan bakar.

Lepaskan busi dan periksa kerenggangan kutubnya, Jarak antara kutub busi yang baik adalah 1-1,5mm. Bersihkan kutub busi ujung dalam menggunakan kertas gosok sampai rata dan bersih dari kerak.


Cek pengapian yang dihasilkan

Pasang kembali kabel busi dan test dengan cara menempelkan body busi di body mesin, Starter mesin dan lihat apakah ada bunga api keluar dari ujung busi, ( Jangan menyentuh ujung busi dengan tangan atau menggunakan bahan besi karena tegangan yang dihasilkan sangat kuat ).

Jika tidak terlihat adanya bunga api

Cobalah ganti dengan busi cadangan yang pasti yakin masih berfungsi, Jika masih tetap tidak ada bunga api yang memercik bisa dipastikan karena ada kesalahan pada komponen pada sistem pengapian yang lain, Seperti, Koil, CDI, kabel kabel dan sambungan kabel yang longgar.

Periksa sambungan kabel dari koil ke busi, dari koil ke CDI atau kabel-lain yang terhubung  ke CDI. Coba distart kembali motornya Jika masih belum menemukan percikan api maka bisa jadi pada CDI dan koil pengapian yang rusak. Jika demikian berarti sampai disini anda harus berhenti memperbaiki sendiri Karena jalan keluar satu satunya motor harus ditangani oleh teknisi mesin yang sebenarnya.

Periksa nyala busi

Jika nyala busi berwarna kemerahan dan terlihat sangat kecil sekali atau tersendat, Cobalah test pengapian menggunakan busi cadangan. Jika percikan api terlihat besar dan berwarna biru terang berarti busi anda yang sebelumnya memang rusak. pasangkan busi pengganti tersebut dan coba distarter, biasanya motor sudah bisa hidup lagi dan hanya disebabkan oleh kerusakan busi.

Busi menyala dengan baik namun motor juga tak mau hidup.

ada dua kemungkinan:

Setelan pengapian yang tidak cocok, namun ini jarang terjadi secara tiba tiba, kemungkinan terbesar motor yang mogok secara tiba tiba adalah adanya masalah pada Karburator, Misalnya karburator kemasukan air, karburator kebanjiran, atau bensin yang bercampur dengan air sejak dari tangki.

Solusinya jika bahan bakar tercampur air:

Tutup kran bahan bakar dan kuras isi bensin pada karburator dengan cara mengendorkan baut buangannya dan buang sedikit bensin dari tangki dengan cara melepas slang yang menancap ke karburator, Jika ada bensin yang masuk kedalam tangki, akan mengendap dibawah karena masa jenis air lebih besar. Jadi jangan dibuang seluruhnya bensin anda didalam tangki.

Jika karburator kebanjiran

Tutup kran dari tangki untuk sementara, pergunakan coke dengan jalan dibuka tutup sekaligus motor distarter dengan cara menggunakan kick starter,minta bantuan seseorang jika kesulitan sendiri. jika masih tetap membandel, buka busi sekali lagi dan lihat ujungnya, Jika ujungnya basah berarti memang karburator kebanjiran dan bensin masuk sudah ke ruang bakar, Hal ini akan sulit motor dihidupkan sebelum ruang bakar dikeringkan terlebih dahulu.

Caranya:

Busi jangan dipasang dulu, sumbat lubang busi dengan kain dan ditahan menggunakan tangan tapi usaha ini memerlukan orang lain untuk membantu memutar starter engkol beberapa kali sampai terdengar suara mirip letupan, Kemudian pasang busi dan hidupkan mesin. Ulangi langkah tersebut beberapa kali sampai mesin bisa dihidupkan, Kalau motor masih dalam keadaan kompresi normal, timing pengapian yang normal, masalah mesin karena kebanjiran bensin akan cepat teratasi.

itulah tips mengatasi motor yang mogok, Jika tips-tips di atas tidak  membantu anda untuk menghidupkan motor kembali, berarti telah terjadi kerusakan pada mesin dan hanya bisa ditangani oleh teknisi dengan peralatan yang lebih lengkap.
Read more